HOME

Selasa, 03 Februari 2015

KEMAH HIJAU SMPN 2 PINRANG

Menyambut peringatan hari menanam pohon indonesia (HMPI) dan bulan menanam Nasional yang jatuh pada tanggal 28 November 2014, SMPN 2 Pinrang tahun ini gelar kemah lingkungan. Kemah ligkugan berlangsung selama dua hari dari tangal 15-16 November 2014. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Sekretaris DIKPORA, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, dan Kepala Badan Lingkungan Hidup yang diwakili oleh  sekretaris BLH Kabupaten Pinrang Ir. H. Sudirman         
Hadir pula dalam kegiatan tersebut Camat Paleteang serta guru dan staf SMPN 2 Pinrang. Peserta yang terlibat dalam kemah lingkungan kali ini adalah pembina organisasi intra dan ekstra, pengurus OSIS, PMR, UKS, PKS, Jurnalistik, Pramuka, Drumband dan Olahraga. Setiap organisasi menurunkan 20 orang pilihan dari masing-masing organisasi.
                Kemah lingkungan dibuka langsung oleh kepala dinas pendidikan pemuda dan olahraga kabupaten pinrang Andi Rudy, S.Sos tepat pukul 16.00 sore tanggal 15 November 2014 di lapangan upacara SMPN 2 Pinrang. Dalam sambutannya Kepala DIKPORA menjelaskan kemah lingkungan ini dapat dijadikan ajang asah prilaku kepedulian siswa terhadap lingkungan. Selain itu diungkapkan pula kegiatan ini akan mempertegas komitmen SMPN 2 Pinrang menyongsong penilaian adiwiyata Provinsi Sulawesi Selatan. ”Kami telah mengirim kurang lebih 150 guru untuk berguru di sekolah-sekolah penerima adiwiyata di pulau Jawa dan akan jadi modal utama dalam program adiwiyata di sekolah-sekolah termasuk SMPN 2 Pinrang” ungkapnya pula.
                Acara ini dirangkaikan dengan penyerahan bantuan dari BLH berupa mesin pencacah dan gerobak sampah beserta pemberian bantuan bibit pohon dari Dinas Kehutanan dan perkebunan Kabupaten Pinrang. Menurut Beddu Salang S.Pd. M.Pd dengan adanya bantuan tersebut akan menopang program adiwiyata SMPN 2 Pinrang yang saat ini sedang digalakkan.
Seusai seremoni pembukaan kepala Dikpora juga melakukan penanaman pohon diikuti oleh Kadis Kehutanan, Kepala BLH dan Camat Paleteang. Di sela pembukaan kegiatan Kepala DIKORA juga menyempatkan diri mengunjungi 2 ruang kelas baru (RKB) yang saat ini dalam perampungan dan beberapa ruang kelas lainnya.
Menurut sekretaris panitia Muhammad Faishal, M.Pd kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran siswa tentang pentingnya pohon bagi kelangsungan hidup manusia. “Sebenarnya peringatan (HMPI) diperingati setiap tanggal 28 November, akan tetapi tahun ini diperingati lebih awal di SMPN 2 Pinrang, mengigat kondisi cuaca yang tidak bersahabat karena penanaman pohon tahun ini dirangkaikan dengan kegiatan kemah lingkungan”.
“Malam harinya peserta disuguhkan materi penerapan prilaku berwawasan lingkungan oleh Kepala BLH yang diwakili oleh Sudirman Sekretris BLH Kab Pinrang. Keesokan harinya tepat pukul 7.30 kembali peserta disuguhkan materi tips merawat dan menanam pohon dari kepala dinas Kehutanan dan perkebunan dan dilanjutkan dengan penanaman pohon. Setiap organisasi diwajibkan untuk menanam 20 pohon. Area penanaman pohon difokuskan di Hutan Kota Kabupaten Pinrang yang ditempatkan dilokasi SMPN 2 Pinrang berdasarkan SK Bupati Pinrang Nomor 418 tahun 2008 tentang penetapan hutan kota di Kabupaten Pinrang” ujar Drs Sultan, M.Pd selaku ketua adiwiyata SMPN 2 Pinrang”.
Penutupan dilakukan tanggal 16 November 2014 pukul 12.00 oleh Kepala SMP Negeri 2 Pirang. Beddu Salang S.Pd M.Pd berpesan agar seluruh pohon yang ditanam hari ini agar tetap dijaga dan dipelihara demi keasrian sekolah

0 komentar:

Posting Komentar