HOME

Rabu, 26 November 2014

HUT PARAMUKA KABUPATEN PINRANG

Para aktivis Pramuka se Kabupaten Pinrang berkumpul di depan halaman kantor bupati Pinrang untuk melaksanakan upacara memperingati HUT Pramuka ke 53, Kamis (14/08/2014).   Wakil Bupati Pinrang, Ir. Darwis Bastama, MP bertindak selaku  inspektur upacara.
Peringatan HUT Pramuka ke-53 Kwurcab Pinrang diawali dengan malam perkemahan dipelataran Mesjid Agung Al Munawir yang diikuti anggota kwartir se- kabupaten Pinrang dan melakukan “Bulan Janji Pramuka dan renungan suci”. “Kegiatan malam perkemahan ini untuk menyemarakkan HUT Pramuka sebelum mengikuti puncak peringatan upacara bendera besok pagi”, ungkap H. Azis, kepala SMKN 3 Pinrang sekaligus Sekertaris Kwarcab Pinrang.
Upacara peringatan HUT Pramuka ke 53 dihadiri ratusan anggota Pramuka, yang berbaris rapi didepan tribun upacara. Sementara ditribun kehormatan, terlihat jejeran Kepala SKPD, Kepala Bagian, Kepala UPTD Dikpora, Kepala Sekolah, dll. masing – masing dengan seragam Pramukanya. Ketua Kwarcab Pinrang, Drs. H. Sappewali Moenta, yang juga mantan Kadis Dikpora berada pada baris depan mendampingi Wakil Bupati Pinrang bersama dengan Kadis Pendidikan Pemuda dan Olaraga, H. A. Rudy, SE.
Dalam sambutan Wakil Bupati Pinrang, Ir. Darwis Bastama, MP sekaligus Ketua Mabigus Kwarcab Pinrang menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada keluarga besar Pramuka Kabupaten Pinrang atas kontribusi dan partisipasinya kepada pembangunan daerah, khususnya dalam pengembangan dan pembinaan kaum muda melalui program dan gerakan Pramuka di Kabupaten Pinrang. Hari Pramuka ke – 53, yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2014 merupakan momentum strategis bagi gerakan
Pramuka untuk terus menunjukkan darma baktinya kepada nusa dan bangsa.
Dalam sambutannya yang berdurasi sekitar 15 menit, Wakil Bupati Pinrang mengungkapkan bahwa Pramuka merupaka salah satu pilar pembangunan bangsa, khususnya kalangan kaula muda. Belia menyebutkan Pramuka adalah gerakan kaum muda Indonesia. Oleh karenanya Pramuka harus mengikuti perkembangan zaman agar mudah diterima kaum muda.
Ir. Darwis Bastama, MP, yang juga mantan Ketua DPRD lebih jauh menjelaskan dalam amanahnya bahwa tantangan berat yang sedang dihadapi bangsa ini adalah masalah mental, moral, sikap dan perilaku sebagian kaum muda yang sangat tidak mencerminkan karakter Bangsa Indonesia. Banyak kasus kriminal, narkoba, pelecehan dan kekerasan seksual yang dilakukan kaum muda. “Pendidikan karakter Pramuka harus dapat mengikis ini" pungkasnya.
Dalam upacara ini, Wakil Bupati Pinrang sekaligus Ketua Mabigus Pramuka menyematkan tanda penghargaan Pramuka kepada mereka yang memiliki dedikasi dan jasa terhadap perkembangan gerakan Pramuka di Kabupaten Pinrang. Peringatan Hari Pramuka pada tahun ini mengangkat tema “Mantapkan Pembentukan Karakter Generasi Kaum Muda melalui Gugus Depan Terakreditasi”.

0 komentar:

Posting Komentar